KAJI EKSPERIMEN KERUSAKAN BANTALAN LUNCUR PADA MESIN GILAS STATIS RODA BAJA

  • Yadi Heryadi Universitas Pancasila
Keywords: bantalan

Abstract

Mesin gilas statis roda baja yang sering digunakan untuk proyek peningkatan jalan propinsi dan jalan kabupaten/kota di seluruh Indonesia harus terpelihara dengan baik. Alat ini merupakan hal yang utama bagi proyek tersebut, jika alat ini tidak bekerja dengan baik maka tingkat penyelesaian pekerjaan akan terbengkalai dan tentunya akan terjadi kerugian Negara. Mesin Gilas Statis Roda 3 terdiri dari tiga bagian pokok yaitu frame/body, engine dan penggerak.Dari ketiga unsur tersebut yang paling sering mengalami kerusakan adalah sisten penggerak mulai dari kopling kering, gearbox dan roda. Mekanisme transfer daya dari gearbox ke roda belakang melalui roda gigi besar dan bantalan luncur. Apabila bantalan luncur sebagai media penggerak mengalami kerusakan maka tingkat efisiensi pemindah daya akan berkurang.

 

Kendala yang utama di bantalan luncur adalah sering terjadi kerusakan dan pecah. Kerusakan ini terjadi kemungkinan dari beberapa hal sebagai berikut pelumasan kurang baik diakibatkan viskositas menurun sehingga gesekan yang terjadi besar tentunya koefisien gesek (ρ) juga besar akibatnya akan meningkatkan keausan, celah antara bantalan luncur dan as roda belakang sempit sehingga pelumas tidak bisa menembus atau melumasi, bahan material untuk bantalan luncur yang kurang baik, kecepatan (V, m/s2 ) pengoperasian tidak diperhitungkan, Analisis yang akan dilakukan adalah melakukan penelitian dengan cara pengujian memakai beberapa jenis pelumas dan material yaitu Perunggu, Teflon dan besi cor sebagai varibel bebas dikaitkan dengan kecepatan gerak dan putaran roda sebagai varibael tak bebsa, sehingga nantinya akan didapat data yang paling baik dari beberapa pengujian yang akan dilakukan.

Published
2019-11-01